5 Tips Trik Flashdisk Agar Lebih Berguna - PTIK-UNM MAKASSAR
Breaking News

5 Tips Trik Flashdisk Agar Lebih Berguna

Beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui fungsi flashdisk sebagai penyimpan data atau sebagai disk potable. Ada beberapa cara lagi agar membuat flashdisk Anda lebih berguna lagi yang mungkin agak terlupakan bagi kita. Kali ini Paseban akan mencoba memberikan tips flashdisk agar memiliki multifungsi yang pastinya akan membantu Anda.

Ada banyak mungkin kegunaan flashdisk selain hanya sebagai alat penyimpan data portable. Pada artikel ini Paseban akan membahas 5 tips trik flashdisk Anda supaya lebih berguna lagi. Mulai dari mengunci dan membuka PC atau laptop, mempercepat Anda konek ke wireless, mempercepat performa PC dan Laptop, server website portable , dan menggunakan USB Flash Drive Manager. Silahkan simak tips berikut.

Mengunci dan membuka PC atau Laptop
Tips yang pertama ini berguna untuk membuat flashdisk anda sebagai kunci untuk membuka dan mengunci harddisk PC atau Laptop. Untuk dapat membuat flasdisk sebagai kunci Anda terlebih dahulu harus mendownload software Predator di sini secara gratis. Setelah mendownload simpan Predator di flashdisk Anda. Predator akan berjalan melalui Auto run. Anda tidak perlu seting apa-apa hanya jalankan saja aplikasi tersebut. Setelah selesai, flashdisk Anda siap menjad kunci PC ataU laptop.

Jika Anda mencabut flashdisk, layar akan berubah menjadi hitam dan keyboard serta mouse tidak akan berfungsi. Jangan takut, Anda hanya perlu memasang flashdisk ke PC atau Laptop. Ketika ada yang ingin membuka PC atau Laptop sistem akan meminta password, padahal password ini hanyalah jebakan karena kunci PC atau Laptop ada pada flashdisk. Dan, ketika Anda kembali akan ada laporan kalau PC atau Laptop Anda ingin dibuka orang lain.

Menyambungkan ke Wireless dengan Cepat

Pada Windows biasanya bila kita menyambungkan ke wireless akan ada perintah untuk memasukkan password. Dengan flashdisk, Anda dapat menyimpan password dan berbagai informasi untuk tersambung ke wireless. Caranya, klik kanan pada wirelees yang ingin Anda save informasinya ke flasdisk lalu pilih properties. Kemudian pilih Copy this network profile to a USB flash drive link pada tab tersebut

Klik next maka Windows akan meng-copy informasi dan konfigurasi wireless ke flashdisk Anda. Bila ingin menggunakannya pada PC atau laptop lain Anda hanya perlu mengklik dua kali setupSNK.exe yang ada di flashdisk anda untuk menginstal configurasi wireless.

Meningkatkan performa PC atau Laptop dengan ReadyBoost

Bila harddisk Anda lambat cara ini cukup membantu agar dapat bekerja lebih cepat. ReadyBoost di sini berlaku sebagai yang penjalan cache, caching frekwensi pada harddisk Anda. Jadi beban membaca file-file pada harddisk tidak dibebankan semua ke harddisk Anda. Namun bila kemampuan harddisk Anda 7200+ RPM kecepatan tidak akan terlalu terlihat. Bila harddisk Anda memiliki teknologi SSD (Solid-State-Drive) windows tidak akan mengijinkan Anda untuk menggunakan ReadyBoost karena cache akan lebih lambat di SSD.

Untuk memfungsikan ReadyBoost klik kanan flashdisk Anda kemudian pilih properties kemudian pilih tab ReadyBoost dan pilih opsi use this device. Satu hal lagi, fitur ini akan membutuhkan free space 256 MB pada flashdisk Anda. Kemudian klik Apply dan OK.

Portable Web Server

Jika Anda seorang yang banyak berkutik pada pembuatan web, tips ini sangat cocok. Caranya, Anda perlu menginstal software Server2Go. Aplikasi ini akan membuat flashdisk Anda sebagai server web portable. Download aplikasi ini secara gratis di sini. Fitur-fitur yang diberikan juga cukup komplit dari Apache, MySQL, PHP, and Perl. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu memasang flashdisk ke PC atau laptop, tidak perlu menginstal apa-apa lagi. Di flashdisk Anda telah ada web server yang berguna untuk demonstrasi, presentasi dan lain-lain.

Gunakan USB Flash Manager Microsoft

Tips ini berlaku hanya untuk Windows Xp saja, OS lain seperti Windows Vista atau yang lebih baru lagi tidak memiliki fitur ini. Anda juga perlu meng-instal Net Fremwork versi 1.1 agar dapat menjalankan tips ini. Download aplikasi ini di sini secara gratis.

Tips ini lebih kepada untuk mengatur file pada flashdisk Anda. Kita bisa mem-backup, restore, meng-copy file dan foto dengan mudah dari flashdisk ke PC atau laptop dan juga Anda bisa membuat label pada falshdisk. Keunggulan dari fitur ini adalah penyatuan fungsi-fungsi flashdisk untuk mengatur data dan juga tampilan yang memudahkan kita untuk pengaturan data-data karena disajikan dalam satu tab. Cocok bagi Anda yang kurang berpengalaman dalam pengaturan data.

Demikian tips flashdisk agar dapat lebih berguna lagi dari Paseban. Semoga bermanfaat membantu pekerjaan Anda dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar untuk "5 Tips Trik Flashdisk Agar Lebih Berguna"